organ-organ pernapasan beserta fungsinya

Sebutkan organ-organ pernapasan beserta fungsinya.

 20131016072411puzzle wudhu laki laki

No

Nama Organ Pernapasan

Jenis Fungsi

1

Hidung

Mereka digunakan untuk menarik dan menghembuskan napas. Rambut pada lubang hidung yang kecil dikenal sebagai silia. Rambut yang digunakan untuk menyaring partikel asing seperti debu yang hadir pada udara. Mereka melindungi rongga hidung dan daerah saluran pernapasan lainnya.

2

Batang Tenggorokan (Trakea)

Hal ini juga disebut tenggorokan. Trakea menyaring udara yang Anda hirup dan juga bercabang ke bronkus.

3

Paru-Paru

Ini adalah organ utama sistem pernapasan. Paru-paru menerima oksigen dan mengusir karbon dioksida. Sel darah merah yang hadir dalam darah mengambil oksigen dari paru-paru dan mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh yang membutuhkan oksigen. Sel darah merah (RBC) memberikan oksigen ke sel-sel yang membutuhkannya dan mengambil karbon dioksida sel telah menghasilkan.

4

Cabang Tenggorokan (Bronkus)

Batang tenggorokan bercabang menjadi dua bronkus, yaitu bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Kedua bronkus menuju paru-paru, bronkus bercabang lagi menjadi bronkiolus. Bronkus sebelah kanan(bronkus primer) bercabang menjadi tiga bronkus lobaris (bronkus sekunder), sedangkan bronkus sebelah kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Cabang-cabang yang paling kecil masuk ke dalam gelembung paru-paru atau alveolus. Dinding alveolus mengandung kapiler darah, melalui kapiler-kapiler darah dalam alveolus inilah oksigen dan udara berdifusi ke dalam darah. Fungsi utama bronkus adalah menyediakan jalan bagi udara yang masuk dan keluar paru-paru.

5

Diafragma

Ini adalah otot pada paru (bagian bawah) yang memiliki bentuk kubah, dan itu adalah di mana pernapasan dimulai. Ketika Anda menarik napas, diafragma berkontraksi, mendatar dan ditarik ke bawah. Dengan gerakan ini, ruang paru-paru meningkat dan udara dapat ditarik ke paru-paru. Ketika Anda mengeluarkan napas, diafragma mengembang, mengurangi ruang, dan udara dipaksa keluar.

6

Tenggorokan (Faring)

Fungsi utama faring adalah menyediakan saluran bagi udara yang keluar masuk dan juga sebagi jalan makanan dan minuman yang ditelan, faring juga menyediakan ruang dengung (resonansi) untuk suara percakapan.

7

Epiglotis

Meskipun sangat kecil, epiglotis melayani peran penting dalam kelangsungan hidup manusia. Esofagus dan laring (atau kotak suara) terletak di samping satu sama lain pada tenggorokan, tetapi memiliki tujuan yang sangat berbeda. Kerongkongan memberikan makanan ke sistem pencernaan bagian bawah sedangkan laring adalah lorong untuk udara masuk paru-paru. Untuk mencegah makanan atau minuman tidak masuk ke paru-paru, epiglotis bergerak menutup laring saat menelan.

8

Laring

Laring juga dikenal sebagai kotak suara karena fungsi utama pada manusia untuk memproduksi bahasa dari suara. Bagaimanapun, perannya yang lain, adalah hanya sangat penting bagi berfungsinya tubuh manusia yang akan diuraikan dalam artikel berikut.

9

Pita Suara

Pita suara adalah komponen penting dalam memproduksi bicara dan bernyanyi. Istilah medis untuk pita suara adalah “pita suara”  karena fungsi mereka untuk bernafas dan berbicara.

 

0 Response to "organ-organ pernapasan beserta fungsinya"

Post a Comment